Kamis, 15 November 2018

RPP Pengolahan Citra Digital


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
:
SMK Negeri 1 Wonosobo
Kelas / Semester
:
XI / 3
Mata Pelajaran      
:
Pengolahan Citra Digital
Materi Pokok
:
Klasifikasi huruf font pada tipografi
Alokasi Waktu         
:
3 x 4 JP

A
KOMPETENSI INTI



KI-3
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI-4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
B
KOMPETENSI DASAR

KD KI – 1 (Sikap Spiritual)
1.1    Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

KD KI – 2 (Sikap Sosial)
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi

KD KI – 3 (Pengetahuan)
3.1.     Memahami klasifikasi huruf font pada tipografi

KD KI – 4 (Keterampilan)
4.1.     Menyajikan data hasil pengamatan terhadap jenis-jenis font huruf berbagai media dalam kehidupan sehari-hari

C
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Indikator KD KI – 1 (Sikap Spiritual)
3.1.3.         Dapat memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

Indikator KD KI – 2 (Sikap Sosial)
3.1.4.         Dapat menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi

Indikator KD KI – 3 (Pengetahuan)
3.1.5.         Dapat menjelaskan Karakteristik fisik huruf
3.1.6.         Dapat menjelaskan Pedoman penggunaan huruf
3.1.7.         Dapat menjelaskan Pemilihan huruf
3.1.8.         Dapat menjelaskan Prinsip perancangan tipografi



Indikator KD KI – 4 (Keterampilan)
3.1.3.         Dapat menyampaikan Karakteristik fisik huruf
3.1.4.         Dapat menjelaskan Pedoman penggunaan huruf
3.1.5.         Dapat menjelaskan Pemilihan huruf
3.1.6.         Dapat menjelaskan Prinsip perancangan tipografi


D
MATERI PEMBELAJARAN

Jenis-jenis font huruf berbagai media
REGULER
REMIDIAL
PENGAYAAN
1. Karakteristik fisik huruf
2. Pedoman penggunaan huruf
3. Pemilihan huruf
4. Prinsip perancangan tipografi
1.       Karakteristik fisik huruf
2.       Pedoman penggunaan huruf
3.       Pemilihan huruf
4.       Prinsip perancangan tipografi
1.Karakteristik fisik huruf
2.Pedoman penggunaan huruf
3.Pemilihan huruf
4.Prinsip perancangan tipografi


E.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
        Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Guru memimpin berdo’a, mengucapkan salam, memasuki kelas dengan tersenyum
2.     Guru mempresensi siswa.
3.     Guru memberikan apersepsi berkaitan dengan tipografi
4.     Guru memotivasi berkaitan dengan tipografi Guru menginformasikan tentang KD, tujuan, dan skenario  pembelajaran
5.     Guru membentuk kelompok belajar yang beranggotakan 4-5 orang
15 menit
Inti
Mengamati
1.       Mengamati pelbagai hasil tipografi
Menanya
2.       Mendiskusikan Karakteristik fisik huruf
3.       Mendiskusikan Pedoman penggunaan huruf
4.       Mendiskusikan Pemilihan huruf
5.       Mendiskusikan Prinsip perancangan tipografi
Mengeksplorasi
6.       Mengeksplorasi Karakteristik fisik huruf
7.       Mengeksplorasi Pedoman penggunaan huruf
8.       Mengeksplorasi Pemilihan huruf
9.       Mengeksplorasi Prinsip perancangan tipografi
Mengasosiasi
10.    Membuat kesimpulan tentang tipografi dan bentuk huruf
Mengkomunikasikan
11.    Menyampaikan hasil tentang tipografi dan bentuk huruf

145 menit
Kegiatan Penutup
1.     Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.     Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.     Siswa mendapatkan  penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
4.     Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
5.     Siswa memperoleh apresiasi dari guru.
20     menit









F.       PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.     JENIS/TEKNIK PENILAIAN
Jenis/Teknik
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar pengamatan sikap
Pengetahuan
Tes uraian dan pilihan ganda menyelesaikan masalah tentang kebutuhan server, kunci jawaban, dan pedoman penilaian
Praktik


Presentasikanlah hasil diskusi mengenai kebutuhan server secara lisan, rubrik penilaian
2.     INSTRUMEN PENILAIAN

a.        PENILAIAN SIKAP : Observasi (Skala Penilaian/ Daftar Cek)
Instrumen:
            Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan!
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1

















2

















3

















Keterangan:

Indikator Penilaian Sikap:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat
2 = jika dua indikator terlihat
1 = jika satu indikator terlihat

Rubrik Penilaian Sikap

Religius
a.   Berdo’a sebelum dan sesudah mengikuti pelajaran
b.   Menjalankan ibadah di tempat ibadah yang ada di sekolah
c.   Menjalankan ibadah di tempat ibadah yang ada di sekolah dan di luar sekolah
d.   Mengimplementasikan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari
Jujur
a.        Tidak mencontoh dalam mengerjakan ujian/ulangan.
b.       Tidak melakukan plagiat dalam setiap mengerjakan tugas
c.        Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya.
d.       Melaporkan data atau informasi apa adanya
Disiplin
a.         Masuk kelas tepat waktu
b.        Mengerjakan tugas sesuai dengan yang diberikan
c.         Tertib dalam megikuti pelajaran
d.        Mengumpulkan tugas tepat waktu
Tanggung jawab
a.   Melaksanakan tugas individu dengan baik
b.   Menerima risiko dari tindakan yang dilakukan
c.   Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat

Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.        Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.       Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.        Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.       Kurang jika memperoleh nilai akhir 1


b.       PENILAIAN PENGETAHUAN :
Instrumen : uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.       Apa yang kamu ketahui tentang Tipografi ?
2.       Apa yang kamu ketahui tentnag figure dan ground.
3.       Jelaskan Menurut Danton Sihombing (2001), terminologi umum yang digunakan dalam
penamaan setiap komponen visual yang terstruktur dalam fisik huruf
.
a.       Capline
b.       Meanline
c.        Baseline
d.       Descender
e.       Ascender
f.        X-Height

Instrumen : pilihan ganda
3.1.1          Dapat menjelaskan spesifikasi tipografi nomor soal : 1, 2, 3
3.1.2          Dapat menjelaskan sejarah tipografi, nomor soal : 4, 5
1.       Setiap karakter apakah huruf besar atau kecil memiliki batang (stem) yang pada bagian ujung-ujungnya dapat ditemukan beberapa garis akhir sebagai penutup yang disebut
A.       Hurufgrafi
B.       Fonetik
C.       Tipografi
D.       Nirmana
E.        terminal
2.      kurva parabola tertutup dan terbuka yang menciptakan kesan ruang di dalamnya disebut…
A.      Bowl
B.      Counter
C.      Leg
D.      Shoulder,
E.       Crossbar
3.      Yang merupakan bagian huruf yang menghubungkan antara stem utama dengan stem lainnya pada sebuah huruf adalah…
A.      Bowl
B.      Counter
C.      Axis
D.      Shoulder
E.       Crossbar
4.      Bentuk lengkung yang biasanya merupakan pangkal sebuah leg disebut…
A.      Bowl
B.      Counter
C.      Axis
D.      Shoulder
E.       Crossbar
5.      Bagian bawah huruf yang memiliki kesan "menopang" huruf tersebut. Misalkan bagian bawah
huruf "L" dan garis diagonal bawah pada huruf "K" disebut
A.       Bowl
B.      Counter
C.      Leg
D.      Shoulder,
E.       Crossbar







c.        PENILAIAN KETERAMPILAN
Penyajian Laporan
Informasi-informasi penting yang harus dikoleksi saat membuat laporan adalah.
1.       Tipografi mikro dan tipografi makro.
a.        Kemampuan mengamati pelbagai hasil tipografi
b.       kemampuan mengamati dan menganalisis perkembangan tipografi
         6.      Pertimbangan dalam pemilihan huruf
-       Kemampuan mengeksplorasi perkembangan huruf
-       pengukuran dalam tipografi
No
Nama siswa
Criteria
Total
Nilai
Ket
Keaslian
Kesesuaian
Kualitas/Kerapihan
Waktu pembuatan
1.







2.







3.







         Ket: 
4 = Amat Baik; 3 = Baik; 2 = Cukup ; 1 = Kurang
   
3.       PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
Pembelajaran remedial diberikan kepada peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, sedangkan siswa yang sudah memenguasai materi dengan nilai baik, diberikan pengayaan.

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·   Guru memberikan apersepsi dari guru berkaitan dengan Klasifikasi huruf font pada tipografi
·   Guru memberikan informasi tentang KD, tujuan, dan skenario  pembelajaran
·   Guru membentuk kelompok belajar yang beranggotakan 4-5 orang

Inti
Mengamati
·         Siswa diminta untuk membaca literatur terkait tugas Klasifikasi huruf font pada tipografi
·         Siswa mengamati tayangan/gambar tentang tugas Klasifikasi huruf font pada tipografi
Menanya
·      Mendiskusikan karakteristik fisik huruf
·      Mendiskusikan pedoman penggunaan huruf
·      Mendiskusikan pemilihan huruf
·      Mendiskusikan prinsip perancangan tipografi
Mengeksplorasi
·         Mengeksplorasi karakteristik fisik huruf
·         Mengeksplorasi pedoman penggunaan huruf
·         Mengeksplorasi pemilihan huruf
·         Mengeksplorasi prinsip perancangan tipografi
Mengasosiasi
·         Membuat kesimpulan tentang Klasifikasi huruf font pada tipografi
Mengkomunikasikan
·         Menyampaikan hasil tentang Klasifikasi huruf font pada tipografi

Kegiatan Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
·         Siswa mendapatkan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
·         Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
·         Siswa memperoleh apresiasi dari guru.




4.       KUNCI DAN PEDOMAN PENSKORAN
Pedoman Penskoran
a.        Pedoman Penskoran (Pengetahuan) à Tugas
Kunci Jawaban
1.       Tipografi adalah : adalah ilmu yang mempelajari tentang seni dan desain huruf (termasuk simbol) dalam aplikasinya untuk media komunikasi visual melalui metode penataan layout, bentuk, ukuran dan sifat. Fungsi utama dari tipografi ialah membuat teks menjadi berguna dan mudah digunakan. Jelaskan hal-hal apakah yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan huruf ?
2.       Salah satu hukum dari teori Gestalt membuktikan bahwa untuk mengenal atau membaca sebuah gambar diperlukan adanya kontras antara ruang positif yang disebut dengan figure dan ruang negatif yang disebut dengan ground.
3.       .
a.        Capline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian teratas dari setiap huruf besar
b.       Meanline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian teratas dari badan setiap huruf kecil
c.        Baseline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian terbawah dari setiap huruf besar
d.       Descender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada di bawah baseline
e.       Ascender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada diantara
meanline dan capline
f.         X-Height : jarak ketinggian dari baseline ke meanline

Rubrik Penilaian
1)       Tes Tulis Uraian (Pengetahuan)
Soal nomor 1 dijawab benar skor maksimal 25
Soal nomor 2 dijawab benar skor maksimal 25
Soal nomor 2 dijawab benar skor maksimal 50
b.       Pedoman Penskoran (Sikap)
NO.
ASPEK
KRITERIA PENILAIAN
SKOR
1.
Religius
jika empat indikator terlihat
jika tiga indikator terlihat
jika dua indikator terlihat
jika satu indikator terlihat
4
3
2
1
2.
Jujur
jika empat indikator terlihat
jika tiga indikator terlihat
jika dua indikator terlihat
jika satu indikator terlihat
4
3
2
1
3.
Disiplin
jika empat indikator terlihat
jika tiga indikator terlihat
jika dua indikator terlihat
jika satu indikator terlihat
4
3
2
1
4.
Tanggung Jawab
jika empat indikator terlihat
jika tiga indikator terlihat
jika dua indikator terlihat
jika satu indikator terlihat
4
3
2
1
            Nilai:      x   10
  
 




c.        Pedoman penilaian porto folio
NO.
ASPEK
KRITERIA PENILAIAN
SKOR
1.
Keaslian
Amat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
2.
Kesesuaian
Amat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
3.
Kualitas/kerapihan
Amat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
4.
Waktu
Amat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
            Nilai:      x   100
  
 



d.       Pedoman penilaian
Jawaban
1.       E
2.       A
3.       E
4.       D
5.       C
Pedoman penilaian 1 nomor skor 2 maka
Nilai  = Total skor x 10
          = 20 x 5   = 100
REKAP NILAI

No
Nama
Sikap
Pengetahuan
Keterampilan
Observasi
Nilai
Predikat
Uraian
Pilihan Ganda
Nilai
Predikat
Portofolio
Nilai
Predikat

















































G.       MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
                 1.      Media                  : LKS, Buku, internet, koran, majalah
                 2.      Alat/Bahan        : Laptop, LCD Proyektor
                 3.      SumberBelajar   :
1.       Danton  Sihombing,  (2003).  Tipografi  Dalam  Desain  Grafis.  Jakarta:  PT. Gramedia Pustaka Utama.
2.       Internet       : www.wikipedia.com



Verifikator,
Wakasek Kurikulum



Drs. Rohmat Istiyadi
NIP. 19671029 199103 1 007


Reviewer,
Ketua Paket Keahlian Multimedia



Wiryadi, S. Kom.
NIP. 19751023 200604 1 007
Wonosobo,       Juli 2018

Guru Mata Pelajaran




Wiryadi, S. Kom.
NIP. 19751023 200604 1 007


  Catatan
......................................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................................................
LAMPIRAN

Uraian Materi
Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang seni dan desain huruf (termasuk simbol) dalam aplikasinya untuk media komunikasi visual melalui metode penataan layout, bentuk, ukuran dan sifat.  
Fungsi utama dari tipografi ialah membuat teks menjadi berguna dan mudah digunakan. Artinya tipografi berbicara tentang kemudahan membaca teks (readability) dan kemudahan mengenali setiap huruf dan kata (legibility). Dalam sejarah perkembangan tipografi lahirnya desain dan gaya huruf banyak dipengaruhi oleh faktor budaya serta teknik pembuatannya.

Bentuk Huruf
Setiap bentuk huruf dalam sebuah alphabet memiliki keunikan fisik yang menyebabkan mata dapat membedakan antara huruf ‘m’, dengan ‘p’ atau ‘C’ dengan ‘Q’. Keunikan ini disebabkan oleh cara mata melihat korelasi antara komponen visual yang satu dengan yang lain. Salah satu hukum dari teori Gestalt membuktikan bahwa untuk mengenal atau membaca sebuah gambar diperlukan adanya kontras antara ruang positif yang disebut dengan figure dan ruang negatif yang disebut dengan ground. Langkah awal untuk mempelajari tipografi adalah mengenali atau memahami anatomi huruf. Seperti halnya tubuh manusia, huruf memiliki berbagai organ yang berbeda. Gabungan seluruh komponen dari suatu huruf merupakan identifikasi visual yang dapat membedakan antara huruf yang satu dengan yang lain. Apabila telah memahami anatomi huruf secara baik, dengan mudah dapat mengenal sifat dan karakteristik dari setiap jenis huruf.
Menurut Danton Sihombing (2001), terminologi umum yang digunakan dalam penamaan setiap komponen visual yang terstruktur dalam fisik huruf adalah :
1. Capline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian teratas dari setiap huruf besar
2. Meanline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian teratas
dari badan setiap huruf kecil
3. Baseline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian
terbawah dari setiap huruf besar
4. Descender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada di bawah
baseline
5. Ascender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada diantara
meanline dan capline
6. X-Height : jarak ketinggian dari baseline ke meanline









Setiap individu huruf, angka, dan tanda baca dalam tipografi disebut sebagai karakter. Setiap karakter apakah huruf besar atau kecil memiliki batang (stem) yang pada bagian ujung-ujungnya dapat ditemukan beberapa garis akhir sebagai penutup yang disebut terminal.


















Huruf memiliki dua ruang dasar bila ditinjau dalam hukum persepsi dari teori Gestalt, yaitu figure dan ground. Keberadaan ruang negatife dari seluruh huruf dapat dipecah menjadi tiga kelompok, yaitu :


1 komentar:

  1. How to make money in poker
    The goal of poker players is to pick up the money หาเงินออนไลน์ with no other option than to make money. These tournaments usually have an opportunity to earn a

    BalasHapus