RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMK Negeri 1 Wonosobo
|
Kelas / Semester
|
:
|
XI / 3
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pengolahan Citra
Digital
|
Materi Pokok
|
:
|
Klasifikasi huruf font pada tipografi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 x 4 JP
|
A
|
KOMPETENSI INTI
|
||||||
|
|
||||||
B
|
KOMPETENSI DASAR
|
||||||
|
KD KI – 1 (Sikap Spiritual)
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan
dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
KD KI – 2 (Sikap Sosial)
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
KD KI – 3 (Pengetahuan)
3.1. Memahami klasifikasi huruf font pada tipografi
KD KI – 4 (Keterampilan)
4.1. Menyajikan data hasil pengamatan terhadap jenis-jenis font huruf
berbagai media dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
C
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
||||||
|
Indikator KD KI – 1 (Sikap Spiritual)
3.1.3.
Dapat memahami nilai-nilai keimanan
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
Indikator KD KI – 2 (Sikap Sosial)
3.1.4.
Dapat menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
Indikator KD KI – 3 (Pengetahuan)
3.1.5.
Dapat menjelaskan Karakteristik fisik huruf
3.1.6.
Dapat menjelaskan Pedoman penggunaan huruf
3.1.7.
Dapat menjelaskan Pemilihan huruf
3.1.8.
Dapat menjelaskan Prinsip perancangan tipografi
Indikator KD KI – 4 (Keterampilan)
3.1.3.
Dapat menyampaikan Karakteristik fisik huruf
3.1.4.
Dapat menjelaskan Pedoman penggunaan huruf
3.1.5.
Dapat menjelaskan Pemilihan huruf
3.1.6.
Dapat menjelaskan Prinsip perancangan tipografi
|
||||||
D
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
||||||
|
Jenis-jenis font huruf berbagai
media
|
||||||
|
|
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memimpin berdo’a, mengucapkan
salam, memasuki kelas dengan tersenyum
2.
Guru mempresensi siswa.
3.
Guru memberikan
apersepsi berkaitan
dengan tipografi
4.
Guru memotivasi berkaitan dengan tipografi Guru menginformasikan tentang KD, tujuan, dan skenario pembelajaran
5.
Guru membentuk kelompok belajar yang
beranggotakan 4-5 orang
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Mengamati pelbagai hasil tipografi
Menanya
2.
Mendiskusikan Karakteristik fisik huruf
3.
Mendiskusikan Pedoman penggunaan huruf
4.
Mendiskusikan Pemilihan huruf
5.
Mendiskusikan Prinsip perancangan tipografi
Mengeksplorasi
6.
Mengeksplorasi Karakteristik fisik huruf
7.
Mengeksplorasi Pedoman penggunaan huruf
8.
Mengeksplorasi Pemilihan huruf
9.
Mengeksplorasi Prinsip perancangan tipografi
Mengasosiasi
10. Membuat kesimpulan tentang tipografi dan bentuk huruf
Mengkomunikasikan
11. Menyampaikan hasil tentang tipografi dan bentuk huruf
|
145 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan
3.
Siswa mendapatkan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran
yang telah dilakukan.
4.
Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran
untuk pertemuan selanjutnya
5.
Siswa memperoleh apresiasi dari
guru.
|
20
menit
|
F.
PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.
JENIS/TEKNIK PENILAIAN
2.
INSTRUMEN PENILAIAN
a.
PENILAIAN SIKAP : Observasi (Skala Penilaian/
Daftar Cek)
Instrumen:
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai
hasil pengamatan!
Keterangan:
Indikator Penilaian Sikap:
4 = jika empat
indikator terlihat
3 =
jika tiga indikator terlihat
2 =
jika dua indikator terlihat
1 = jika satu indikator terlihat
Rubrik Penilaian Sikap
Religius
a. Berdo’a
sebelum dan sesudah mengikuti pelajaran
b. Menjalankan
ibadah di tempat ibadah yang ada di sekolah
c. Menjalankan
ibadah di tempat ibadah yang ada di sekolah dan di luar sekolah
d. Mengimplementasikan ajaran agamanya
dalam kehidupan sehari-hari
Jujur
a.
Tidak mencontoh dalam mengerjakan
ujian/ulangan.
b. Tidak melakukan plagiat dalam setiap mengerjakan tugas
c.
Mengungkapkan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya.
d. Melaporkan data atau informasi apa adanya
Disiplin
a.
Masuk kelas tepat waktu
b.
Mengerjakan tugas sesuai dengan
yang diberikan
c.
Tertib dalam megikuti pelajaran
d.
Mengumpulkan tugas tepat waktu
Tanggung jawab
a. Melaksanakan tugas individu dengan baik
b. Menerima risiko dari tindakan yang dilakukan
c. Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang
paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.
Sangat baik jika memperoleh nilai
akhir 4
b. Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.
Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d. Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
b.
PENILAIAN PENGETAHUAN :
Instrumen : uraian
Jawablah
pertanyaan berikut ini!
1. Apa yang kamu ketahui tentang Tipografi ?
2. Apa yang kamu ketahui tentnag figure dan ground.
3. Jelaskan Menurut Danton Sihombing (2001),
terminologi umum yang digunakan dalam
penamaan setiap komponen visual yang terstruktur dalam fisik huruf .
a.
Capline
b.
Meanline
c.
Baseline
d.
Descender
e.
Ascender
f.
X-Height
Instrumen : pilihan ganda
3.1.1
Dapat
menjelaskan spesifikasi tipografi nomor soal : 1, 2, 3
3.1.2
Dapat menjelaskan sejarah
tipografi, nomor soal : 4, 5
1.
Setiap karakter apakah huruf besar atau kecil memiliki
batang (stem) yang pada bagian ujung-ujungnya dapat ditemukan beberapa
garis akhir sebagai penutup yang disebut
A.
Hurufgrafi
B.
Fonetik
C.
Tipografi
D.
Nirmana
E.
terminal
2.
kurva parabola tertutup dan terbuka yang menciptakan kesan ruang di dalamnya disebut…
A.
Bowl
B.
Counter
C.
Leg
D.
Shoulder,
E.
Crossbar
3.
Yang merupakan bagian huruf yang menghubungkan
antara stem utama dengan stem lainnya pada sebuah huruf adalah…
A.
Bowl
B.
Counter
C.
Axis
D.
Shoulder
E.
Crossbar
4.
Bentuk
lengkung yang biasanya merupakan pangkal sebuah leg disebut…
A.
Bowl
B.
Counter
C.
Axis
D.
Shoulder
E.
Crossbar
5.
Bagian
bawah huruf yang memiliki kesan "menopang" huruf tersebut. Misalkan
bagian bawah
huruf "L" dan garis diagonal bawah pada huruf "K" disebut
A.
Bowl
B.
Counter
C.
Leg
D.
Shoulder,
E.
Crossbar
c.
PENILAIAN KETERAMPILAN
Penyajian Laporan
Informasi-informasi penting yang harus dikoleksi saat membuat laporan
adalah.
1.
Tipografi mikro dan tipografi makro.
a.
Kemampuan mengamati pelbagai hasil tipografi
b.
kemampuan mengamati dan menganalisis perkembangan tipografi
6.
Pertimbangan dalam
pemilihan huruf
- Kemampuan mengeksplorasi perkembangan huruf
- pengukuran dalam tipografi
Ket:
4 = Amat Baik; 3 = Baik; 2 = Cukup ; 1 = Kurang
3. PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
Pembelajaran remedial diberikan kepada peserta didik yang belum
menguasai materi pembelajaran, sedangkan siswa yang sudah memenguasai materi
dengan nilai baik, diberikan pengayaan.
4. KUNCI DAN PEDOMAN PENSKORAN
Pedoman
Penskoran
a.
Pedoman Penskoran (Pengetahuan) à Tugas
Kunci Jawaban
1. Tipografi adalah : adalah ilmu yang mempelajari tentang
seni dan desain huruf (termasuk simbol) dalam aplikasinya untuk media
komunikasi visual melalui metode penataan layout, bentuk, ukuran
dan sifat. Fungsi utama dari tipografi ialah membuat teks menjadi berguna dan
mudah digunakan. Jelaskan hal-hal apakah yang harus
dipertimbangkan dalam pemilihan huruf ?
2. Salah satu hukum
dari teori Gestalt membuktikan bahwa untuk mengenal atau
membaca sebuah gambar diperlukan adanya kontras
antara ruang positif yang disebut dengan figure dan ruang negatif
yang disebut dengan ground.
3. .
a.
Capline : garis maya lurus horisontal yang menjadi
batas bagian teratas dari setiap huruf besar
b.
Meanline : garis maya lurus horisontal yang menjadi
batas bagian teratas dari badan setiap huruf kecil
c.
Baseline : garis maya lurus horisontal yang menjadi
batas bagian terbawah dari setiap huruf besar
d.
Descender : bagian dari huruf kecil yang posisinya
tepat berada di bawah baseline
e.
Ascender : bagian dari huruf kecil yang posisinya
tepat berada diantara
meanline dan capline
f.
X-Height : jarak ketinggian dari baseline ke meanline
Rubrik Penilaian
1)
Tes Tulis Uraian (Pengetahuan)
Soal nomor
1 dijawab benar skor maksimal 25
Soal nomor
2 dijawab benar skor maksimal 25
Soal nomor
2 dijawab benar skor maksimal 50
b.
Pedoman Penskoran (Sikap)
c.
Pedoman penilaian porto folio
d.
Pedoman penilaian
Jawaban
1.
E
2.
A
3.
E
4.
D
5.
C
Pedoman
penilaian 1 nomor skor 2 maka
Nilai = Total skor x 10
= 20 x 5 = 100
REKAP NILAI
G. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media : LKS,
Buku, internet, koran, majalah
2.
Alat/Bahan : Laptop, LCD Proyektor
3.
SumberBelajar :
1. Danton Sihombing, (2003).
Tipografi Dalam Desain
Grafis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
|
|
Catatan
......................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................
LAMPIRAN
Uraian Materi
Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang seni dan desain huruf
(termasuk simbol) dalam aplikasinya untuk media komunikasi visual
melalui metode penataan layout, bentuk, ukuran dan sifat.
Fungsi utama dari tipografi ialah membuat teks menjadi
berguna dan mudah digunakan. Artinya tipografi berbicara tentang
kemudahan membaca teks (readability) dan kemudahan mengenali
setiap huruf dan kata (legibility). Dalam sejarah perkembangan tipografi
lahirnya desain dan gaya huruf banyak dipengaruhi oleh faktor budaya serta
teknik pembuatannya.
Bentuk Huruf
Setiap bentuk huruf dalam sebuah
alphabet memiliki keunikan fisik yang menyebabkan mata dapat membedakan antara
huruf ‘m’, dengan ‘p’ atau ‘C’ dengan ‘Q’. Keunikan ini disebabkan oleh cara mata melihat korelasi
antara komponen visual yang satu dengan yang lain. Salah satu hukum
dari teori Gestalt membuktikan bahwa untuk mengenal atau membaca sebuah gambar
diperlukan adanya kontras antara ruang positif yang disebut dengan figure dan ruang negatif yang disebut dengan ground. Langkah awal
untuk mempelajari tipografi adalah mengenali atau memahami anatomi huruf.
Seperti halnya tubuh manusia, huruf memiliki berbagai organ yang berbeda.
Gabungan seluruh komponen dari suatu huruf merupakan identifikasi visual yang
dapat membedakan antara huruf yang satu dengan yang lain. Apabila telah
memahami anatomi huruf secara baik, dengan mudah dapat mengenal sifat dan
karakteristik dari setiap jenis huruf.
Menurut Danton Sihombing (2001), terminologi umum yang digunakan dalam penamaan
setiap komponen visual yang terstruktur dalam fisik huruf adalah :
1. Capline : garis maya lurus
horisontal yang menjadi batas bagian teratas dari setiap huruf besar
2. Meanline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian teratas dari badan setiap huruf kecil
3. Baseline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian terbawah dari setiap huruf besar
4. Descender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada di bawah baseline
5. Ascender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada diantara meanline dan capline
6. X-Height : jarak ketinggian dari baseline ke meanline
2. Meanline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian teratas dari badan setiap huruf kecil
3. Baseline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian terbawah dari setiap huruf besar
4. Descender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada di bawah baseline
5. Ascender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada diantara meanline dan capline
6. X-Height : jarak ketinggian dari baseline ke meanline
Setiap individu huruf, angka, dan tanda baca dalam tipografi disebut
sebagai karakter. Setiap karakter apakah huruf besar atau kecil
memiliki batang (stem) yang pada bagian ujung-ujungnya dapat
ditemukan beberapa garis akhir sebagai penutup yang disebut terminal.
Huruf
memiliki dua ruang dasar bila ditinjau dalam hukum persepsi dari teori Gestalt,
yaitu figure dan ground. Keberadaan ruang negatife dari seluruh
huruf dapat dipecah menjadi tiga kelompok, yaitu :
How to make money in poker
BalasHapusThe goal of poker players is to pick up the money หาเงินออนไลน์ with no other option than to make money. These tournaments usually have an opportunity to earn a